Monday, November 14, 2016

SUKA DENGAN MANISNYA GULA, TAPI TAKUT DIABET? ALTERNATIF UNTUK RASA MANIS YANG BISA DI GUNAKAN PADA KUE/CAKE.

Cake/Kue adalah satu dessert yang identik dengan rasa manis. Umumnya bahan pemanis yang digunakan tak jauh dari gula pasir atau gula halus. Tapi sebenarnya ada beberapa bahan pemanis pengganti yang bisa dijadikan alternatif yang lebih sehat.
Dikatakan Pastry Chef Odie Djamil, banyak alternatif pemanis yang bisa ditambahkan pada proses pembuatan kue. "Ada pengganti pemanis seperti agave, brown sugar, molase atau yang lebih sehat bisa pakai madu," kata Chef Odie saat ditemui di Jakarta.


Sebagai penghasil rasa manis, gula pasir dan gula bubuk juga membuat tekstur kue lebih kokoh. Oleh sebabnya untuk beberapa jenis kue, ada yang tidak bisa diganti dengan bahan pemanis lain selain gula pasir atau gula bubuk.
Seberapa Baikkah Pemakaian Gula pada Masakan?
Sebagai alternatif, Chef Odie mengatakan ada cara untuk membuat kue tetap bertekstur kokoh, manis dan juga lebih sehat. "Kombinasikan madu dengan gula pasir, ini bisa bikin kue lebih sehat," lanjut Chef Odie.

Terkait jenis kue apa saja yang bisa dibuat dengan bahan pengganti gula, Chef Odie mengatakan jika untuk konsumsi sehari-hari, semua jenis kue bisa diganti gulanya. Namun jika untuk produksi massal, harus ada uji resep terlebih dulu.

Artikel Terkait