Sunday, March 12, 2017

ANDA PENDERITA DIABETES...??? INILAH 7 TIPS SEDERHANA UNTUK MENCEGAH LUKA PADA KAKI

Anda penderita diabetes atau penyakit gula..???

Ilustrasi gambar

Berarti anda harus menghindari diri anda dari terluka, terutama terluka pada bagian kaki. Karena, jika sudah terjadi luka pada kaki akan sangat sulit disembuhkan, dan dampaknya bisa sangat fatal bagi penderita diabetes atau penyakit gula.
Kaki merupakan bagian tubuh yang paling rentan terkena luka, agar kesehatan kaki tetap terjaga dan terhindar dari luka, berikut ini adalah tips dari Dr Arun Bal, konsultan bedah kaki diabetes, Rumah Sakit SL Raheja Fortis, yang dikutip dari laman Thehealthsite:

Periksa kaki setiap hari
Ini salah satu hal yang wajib dilakukan bagi para penderita diabetes atau penderita penyakit gula. Anda perlu memeriksa kaki setiap hari untuk memastikan tak ada luka, pendarahan, lecet, maupun cedera kecil, karena luka pada kaki bisa berakibat pada komplikasi.

Jangan jalan tanpa alas kaki
Tak sedikit orang berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah maupun di atas rumput, dengan maksud untuk memperlancar aliran darah. Tetapi tidak bagi para penderita diabetes, justru sangat dianjurkan untuk mengenakan alas kaki untuk menghindari cedera kaki.

Gunakan alas kaki yang benar
Hindari pemakaian sepatu runcing bila anda penderita diabetes. Pilihlah sepatu yang nyaman, sehingga memudahkan anda untuk berjalan-jalan. Bila ingin
membeli sepatu, cobalah pilih sepatu pada malam hari. Pasalnya, ukuran kaki biasanya akan membesar saat malam hari.

Berjalan dengan hati-hati
Selain mengenakan sepatu yang nyaman dan baik bagi kaki, jangan lupa berjalan dengan hati-hati saat anda bepergian. Hal ini dapat mencegah terjadinya cedera maupun memperparah cedera pada kaki yang sudah ada.

Jangan gunakan es batu
Banyak orang menggunakan es batu atau kantong air panas untuk menyembuhkan pembengkakan. Bagi penderita diabetes justru disarankan untuk menghindari cara ini saat terjadi pembengkakan. Pasalnya, es batu atau kantong air panas dapat menyebabkan cedera kulit dan infeksi pada kaki atau bagian tubuh yang bermasalah.

Bersihkan kaki dua kali sehari
Pastikan anda membersihkan kaki setidaknya, dua kali sehari dengan sabun dan air. Selain itu, jangan lupa untuk memotong kuku dengan hati-hati, agar tidak terjadi cedera.

Jangan duduk menyilangkan kaki (bersila)
Memang duduk bersila atau menyilangkan kaki memiliki kenyamanan tersendiri. Ada baiknya, mulai membiasakan kebiasaan ini.
Duduk bersilang dapat merusak aliran darah dan meningkatkan risiko varises.

Jika anda tidak menderita penyakit gula atau diabetes ada baiknya anda mencegah agar jangan sampai terkena penyakit ini, dan mulailah terapkan pola hidup sehat.

Artikel Terkait