Friday, December 15, 2017

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Yang Membuat Risih

Kumpulaninfonews, Pastinya sudah tau Jengkol kan, ini adalah salah satu bahan makanan khas Indonesia yang cukup digemari oleh berbagai kalangan.


Makanan ini biasanya disemur lalu disajikan sebagai makanan pelengkap nasi uduk khas Betawi.
Tak sedikit pula yang mengolah jengkol sebagai campuran sambal atau sebagai lalapan.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Yang Membuat Risih
Cara Menghilangkan Bau Jengkol Yang Membuat Risih

Percaya atau tidak dibalik kelezatannya tersebut, jengkol termasuk jenis makanan yang memiliki aroma keras menyengat. Sehingga tidak mengherankan jika sebagian orang memilih untuk menghindari makanan tersebut walaupun lezat dan nikmat.

Namun ternyata, ada beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bau dan membuat daging jengkol menjadi lebih empuk. Dilansir  dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bau pada jengkol adalah dengan merendamnya di dalam air.

  • Air Kapur Sirih

Hal ini sanggup mengurangi aroma yang tidak sedap dan menetralisir racun yang terkandung pada bahan makan tersebut. Bagaimana caranya supaya rasa dan kualitas dari jengkol tetap terjaga dengan baik, anda bisa menggunakan air es atau air kapur sirih.
Setelah itu rendam semalaman agar baunya benar-benar hilang.

  • Air beras

Selain menggunakan air kapur sirih, anda bisa juga merendam jengkolnya dengan air bekas cucian beras. Caranya, rendam jengkol dalam air tersebut selama 24 jam.

Silahkan buang air rendamannya di keesokan harinya dan pastikan menggantinya dengan air cucian beras yang baru dan rendam lagi selama seharian penuh. Lakukan perendaman ini hingga 2-3 x 24 jam.

Setelah itu, keringkan jengkol dan bilas menggunakan air bersih. Barulah jengkol pun siap untuk direbus.

  • Rebus dengan tambahan bumbu

Setelah merendam jengkol, langkah yang selanjutnya dapat anda lakukan untuk menetralisir aroma menyengat dari jengkol adalah merebusnya dengan campuran daun jeruk purut.

Tidak susah kok, bahkan sangat mudah, iris daun jeruk yang telah Anda siapkan, lalu masukkan pada rebusan jengkol.

Selain jeruk purut, anda juga bisa merebus jengkol dengan daun jambu biji. Selain ampuh menghilangkan aroma menyengatnya, trik ini juga akan membuat daging jengkol menjadi lebih empuk dan lunak.

  • Rebus Dengan Cara Yang Tepat

Saat merebus jengkol, sebaiknya lakukan secara teliti dan benar agar hasilnya sempurna. Usahakan jangan sampai terlalu matang saat merebus jengkol, hal ini akan membuat jengkol mudah hancur ketika dimasak atau dipipihkan/gepengkan.

Memipihkan/menggepengkan jengkol sebelum dimasak bertujuan agar bumbu dapat cepat meresap sehingga hidangan menjadi lezat dan menggugah selera.

Artikel Terkait

Newest Post

1 komentar so far