Saturday, December 9, 2017

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Olahraga Anda Sia Sia

Kumpulaninfonews, Anda baru saja selesai melakukan olahraga dan merasa lebih baik?

Hati-hati, jangan sampai melakukan 4 hal ini agar manfaat olahraga yang anda lakukan tidak sia-sia.

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Olahraga Anda Sia Sia
Olahraga Sehat

Banyak pakar mengatakan salah satu penyebab seseorang gagal mendapatkan hasil maksimal dari olahraga adalah saat kebiasaan serta kegiatan yang dilakukannya pasca olahraga selesai.

Kami pun merangkum beberapa kebiasaan buruk yang membuat olahraga sia-sia dan tak bermanfaat.
Apa sajakah itu?


1. Lupa Minum


Tanpa olahraga saja seseorang diharuskan minum kurang lebih 2 liter per hari. Jika anda tipe orang yang senang berolahraga, tentu saja kebutuhan minumnya akan jauh lebih besar.

Saat berolahraga, seseorang akan mengeluarkan keringat yang membuat cairan tubuh berkurang. Dianjurkan untuk meminum 500 hingga 1000 ml air untuk tiap jam yang anda habiskan berolahraga.

2. Kalap Makan


Lemak dan kalori sudah terbakar dengan push-up dan lari yang anda lakukan. Wajar jika setelah berolahraga anda merasa lapar, karena tubuh perlu mengganti kalori yang sudah hilang.

Namun kalap makan, apalagi yang dimakan adalah karbohidrat simple dan protein tinggi lemak, malah membuat olahraga yang dilakukan sia-sia. Disarankan setelah olahraga, anda mengonsumsi protein yang mudah dicerna

3. Tidak Melakukan Pendinginan


Manfaat pemanasan secara umum sudah diketahui banyak orang, yakni untuk mencegah terjadinya cedera dan mempersiapkan otot sebelum melakukan latihan.

Namun yang sering dilupakan adalah pendinginan, yang bersama dengan pemanasan juga termasuk dalam satu set peregangan. Pendinginan penting untuk mencegah terjadinya muscle spams yang dapat menyebabkan nyeri

4. Malas Malasan


Sudah lari pagi 10 menit dan latihan angkat beban 15 menit, setelah itu anda menghabiskan hari dengan malas-malasan?
Latihan dan olahraga yang anda lakukan jadi sia-sia dong.

Jika sudah rutin berolahraga, pastikan anda juga mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif. Misalnya dengan memilih naik tangga daripada lift atau lebih sering berdiri daripada duduk. Hal ini tergolong sebagai non-exercise activity thermogenesis (NEAT) yang bisa melipatgandakan manfaat olahraga.

Semoga artikel dapat membantu anda dalam memperoleh hidup yang sehat.

Artikel Terkait